Rahmi, Etika (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP KECEMASAN BERPENDAPAT SISWA KELAS VII-5 SMP NEGERI 3 TANJUNGBALAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133151016_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1133151016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 1133151016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1133151016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1133151016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 1133151016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1133151016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133151015_BAB I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
9. NIM. 1133151015_BAB II.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
10. NIM. 1133151015_BAB III.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
11. NIM. 1133151015_BAB IV.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
12. NIM. 1133151015_BAB V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM. 1133151015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
14. NIM. 1133151015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan rational emotif behaviour terapy terhadap kecemasan
berpendapat siswa kelas VII-5 SMP Negeri 3 Tanjungbalai Taun Ajaran 2016/2017. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok pendekatan
rational emotif behaviour terapy terhadap kecemasan berpendapat siswa kelas VII-5 SMP
Negeri 3 Tanjungbalai Taun Ajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis peelitian
ini adalah eksperimen semu dengan design pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas VII-5 yang terdiri dari 8 orang siswa dan populasi dalam penelitian ini adalah 30
siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket/skala kecemasan berpendapat siswa,
instrumen diberikan seblum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok pendekatan
rational emotif behaviour terapy. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
wilcoxon.
Hasil analisa data yang diperoleh adalah nilai Jhitung = 17,5 dengan a = 0,05 dan
n=8, maka berdasarkan daftar tabel Jtabel = 4. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (17,5 > 4).
Data pre-test diperoleh rata-rata 97,5 ( kecemasan berpendapat tinggi) sedangkan setelah
pemberian layanan konseling kelompok pendekatan rational emotif behaviour terapy lebih
sebesar 42 atau 43,07 %. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok
pendekatan rational emotif behaviour terapy terhadap kecemasan berpendapat siswa kelas
VII-5 SMP Negeri 3 Tanjungbalai T.A 2016/2017 atau ipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 027 |
Keywords: | kecemasan berpendapat, konseling kelompok, pendekatan rational emotive behaviour therapy |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25328 |