Ummami, Riza (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANIMASI FLASH BERWAWASAN CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131041 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4131131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 4131131041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 4131131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 4131131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM. 4131131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM. 4131131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 4131131041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 4131131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 4131131041 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4131131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan animasi flash berwawasan chemo-edutainment terhadap peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Pretest-Postest dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kisaran. Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda, sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji t, uji n-gain dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata dari kedua kelas (thitung > ttabel). Uji n-gain pada hasil belajar menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki n-gain 72,6% pada kategori tinggi dan 60% pada kategori sedang. Aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 81,57%, siswa dalam kategori aktif sampai sangat aktif sedangkan kelas kontrol sebesar 74,72%. Sedangkan uji korelasi antara aktivitas belajar dengan peningkatan hasil belajar diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,654 > 0,329 berarti ada korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan model Problem Based Learning dengan animasi Flash berwawasan chemo-edutainment pada materi Konsep Mol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 097 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:34 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25314 |