PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2016/2017

Telaumbanua, Agnes Yuniarni (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.     NIM  4132121001   COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121001 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2.     NIM  4132121001   APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4132121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 3.     NIM  4132121001   ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4132121001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4.     NIM  4132121001   PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4132121001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 5.     NIM  4132121001   TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4132121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6.     NIM  4132121001   ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7.     NIM  4132121001   TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121001 TABLE.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8.     NIM  4132121001   APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4132121001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9.     NIM  4132121001   CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 13.   NIM  4132121001   CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4132121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 14.   NIM  4132121001   BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4132121001 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA
Negeri 15 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan design Two Group
Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Semester II yang terdiri dari 6 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan cara
cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas
X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol
menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes
hasil belajar yang berjumlah 5 soal dalam bentuk essai yang telah divalidasi,
lembar observasi sikap dan lembar keterampilan. Uji hipotesis menggunakan
analisis anava satu jalur dengan taraf = 0,05.
Berdasarkan penelitian diperoleh (1) hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok getaran harmonis
memiliki nilai rata-rata pretes 23,00 dan rata-rata postes 76,30 dengan kategori
baik karena diatas nilai KKM yaitu 70. (2) hasil belajar siswa menggunakan
pembelajaran konvensional pada materi pokok getaran harmonis memiliki nilai
rata-rata pretes 20,31 dan rata-rata postes 67,51 dengan kategori cukup baik
karena tidak mencapai nilai KKM yaitu 70. (3) ada pengaruh yang signifikan dari
model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok getaran harmonis di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P
2016/2017 dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 184
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY); HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:01
Last Modified: 03 Aug 2017 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item
View Item