Setiawati (2017) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA SCRAMBLE DAN PUZZLE PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131025 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4132131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 4132131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. NIM. 4132131025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 4132131025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 4132131025 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 4132131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 4132131025 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 4132131025 FORMULAS.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. NIM. 4132131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
14. NIM. 4132131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
15. NIM. 4132131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil
belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
make a match dengan media scramble dan puzzle pada pokok bahasan koloid.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu diambil dua kelas,
kelas eksperimen I dengan model kooperatif tipe make a match dengan media
scramble dan kelas eksperimen II dengan model kooperatif tipe make a match
dengan media puzzle. Data hasil belajar dan aktivitas siswa diuji normalitas dan
homogenitasnya, dan hasil yang diperoleh homogen dan terdistribusi normal.
Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar ̅ 61,38± 11,71
sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar ̅ 75,13± 10,71. Untuk menarik
kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-dua pihak pada taraf
signifikansi 5% (α = 0,05), diperoleh bahwa thitung>t ½ α(5,479>1,994).
Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen I sebesar ̅ 0,313±
0,194 dan pada kelas eksperimen II sebesar ̅ 0,474± 0,235. Dengan uji t-dua
pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung> t ½ α
(3,338>1,994) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan aktivitas siswa
dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media scramble
dan aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
dengan media puzzle. Uji korelasi antara hasil belajar dan aktivitas siswa pada
kelas eksperimen I rhitung > rtabel (3,586 > 1,684) dan pada kelas eksperimen II
rhitung > rtabel (4,691 > 1,684), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi
yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 147 |
Keywords: | model kooperatif tipe make a match;media scramble;media puzzle;aktivitas;hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25170 |