Harahap, Saima Putrini R. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8146176014 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. NIM 8156176022 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
03. NIM 8156176022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
04. NIM 8156176022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
05. NIM 8156176022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
06.NIM 8156176022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
07. NIM 8156176022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. NIM 8156176022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM 8156176022 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM 8156176022 BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM 8156176022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan generik sains siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangkuis tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay keterampilan generik sains terdiri dari 10 soal dan sikap ilmiah dalam bentuk angket terdiri dari 20 pernyataan serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan generik sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan generik sains siswa yang memiliki sikap ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah kelompok bawah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan generik sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Model pembelajaran; Scientific inquiry; Sikap ilmiah; Keterampilan generik sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25116 |