PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA

Harahap, Saima Putrini R. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 8146176014 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8146176014 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 02.  NIM 8156176022 PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8156176022 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 8156176022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8156176022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 8156176022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8156176022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 8156176022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8156176022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 06.NIM 8156176022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06.NIM 8156176022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 8156176022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8156176022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 8156176022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8156176022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 8156176022 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 8156176022 BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156176022 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156176022 BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan generik sains siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangkuis tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel diambil secara cluster random sampling. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay keterampilan generik sains terdiri dari 10 soal dan sikap ilmiah dalam bentuk angket terdiri dari 20 pernyataan serta telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan generik sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry lebih baik daripada pembelajaran konvensional, keterampilan generik sains siswa yang memiliki sikap ilmiah kelompok atas lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah kelompok bawah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran scientific inquiry dan sikap ilmiah terhadap keterampilan generik sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Har p
Keywords: Model pembelajaran; Scientific inquiry; Sikap ilmiah; Keterampilan generik sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2017 11:23
Last Modified: 02 Aug 2017 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item
View Item