Harahap, Putri Syahreni (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM.8156176019 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2.NIM.8156176019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3.NIM 8156176019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4.NIM 8156176019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5.NIM.8156176019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6.NIM.8156176019 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7.NIM.8156176019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8.NIM.8156176019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM.8156176019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13.NIM.8156176019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14.NIM.8156176019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat (RPP, LKS, Buku Siswa, Buku Guru, dan instrumen tes) pembelajaran fisika melalui model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains siswa dan rasa ingin tahu siswa, 2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat yang menggunakan model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak (RPP, LKS, Buku Siswa, Buku Guru, dan instrumen tes) pembelajaran fisika SMA untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains siswa dan rasa ingin tahu siswa. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif meliputi: 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan, dan 3) tahap pengembangan. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba ahli/validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji kelas terbatas. Uji coba kelas terbatas dilakukan di SMAN 1 Padang Bolak pada kelas X MIA. Penelitian ini menghasilkan: 1) perangkat pembelajaran fisika khusus materi fluida statis untuk SMA kelas X MIA terdiri dari RPP, LKS, Buku Guru, Buku Siswa dan instrumen tes yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran; 2) masing-masing komponen perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Scientific inquiry berbasis budaya Batak; KPS; Rasa ingin tahu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 15:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25032 |