PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RASA INGIN TAHU SISWA

Harahap, Putri Syahreni (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL SCIENTIFIC INQUIRY BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RASA INGIN TAHU SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.8156176019 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.8156176019 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.8156176019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.8156176019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 8156176019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 8156176019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 8156176019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 8156176019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.8156176019 TABLE  OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM.8156176019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.8156176019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM.8156176019 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.8156176019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM.8156176019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.8156176019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM.8156176019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.8156176019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.8156176019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.8156176019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.8156176019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.8156176019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM.8156176019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat (RPP, LKS, Buku Siswa, Buku Guru, dan instrumen tes) pembelajaran fisika melalui model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains siswa dan rasa ingin tahu siswa, 2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat yang menggunakan model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak (RPP, LKS, Buku Siswa, Buku Guru, dan instrumen tes) pembelajaran fisika SMA untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains siswa dan rasa ingin tahu siswa. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif meliputi: 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan, dan 3) tahap pengembangan. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba ahli/validasi ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji kelas terbatas. Uji coba kelas terbatas dilakukan di SMAN 1 Padang Bolak pada kelas X MIA. Penelitian ini menghasilkan: 1) perangkat pembelajaran fisika khusus materi fluida statis untuk SMA kelas X MIA terdiri dari RPP, LKS, Buku Guru, Buku Siswa dan instrumen tes yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran; 2) masing-masing komponen perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mencapai peningkatan keterampilan proses sains dan rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Har p
Keywords: Scientific inquiry berbasis budaya Batak; KPS; Rasa ingin tahu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2017 15:42
Last Modified: 26 Jul 2017 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25032

Actions (login required)

View Item
View Item