IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Syamsuyurnita (2007) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020262 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020262 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020262 Abstrak.pdf] Text
2. 045020262 Abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. 045020262 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020262 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020262 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020262 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020262 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020262 Bab V.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020262 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020262 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa melalui implementasi pembelajaran kontekstual (CTL). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri, B.A. No. 3 Medan.Penelitian ini dilakukan dalam dua sikius yang masing-masing terdiri dari sikius pertama empat kali pertemuan, dan sikius kedua empat kali pertemuan. Setiap sikius terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan retleksi (reflecting). Jumlah partisipan dalam pelaksanaan sikius masing-masing 47 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Akademik 2005/2006.Berdasakan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan (1) pembelajaran pada siklus I, secara proses belum begitu berhasil, tetapi secara hasil sudah berhasil, rata-rata skor subjek penelitian 81,80%. Pada sikius I tindakan I dan II masih terdapat mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah„ tetapi jumlahnya lebih sedikit, jika dibandingkan dengan pembelajaran pada tindakan Ill dan IV. Pada pertemuan III dan IV mahasiswa sudah berani bertanya pada dosen jika ada hal-hal yang belum dimengerti, meskipun masih ada mahasiswa yang berbicara hal lain saat diskusi atau sharing sedang berlangsung. Pembelajaran pada sikius II, secara proses matipun hash! sudah berhasil, yakni rata-rata skor subjek penelitian 85,06%. Mahasiswa sudah semakin terbiasa belajar secara kelompok (learning community), mereka sating memberi masukan dan sating memberi penjelasan kepada mahasiswa yang memerlukan. Jika ada gagasan yang muncul dalam pikirannya, mahasiswa sudah berani mengungkapkan gagasan tersebut.Respon mahasiswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dan observer, serta dikuatkan oleh hasil kuesioner menunjukkan adanya respon yang sangat positif. Mahasiswa sangat senang mengikuti pembelajaran yang dilakukan di kelas. Menurut mahasiswa, pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan menulis. Mahasiswa juga merasa keragaman berpikir yang telah dilakukan dihargai. Mahasiswa dapat leluasa mengekspresikan gagasan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan mengimplementasikan CTL dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Di samping itu dapat membuat suasana beiajar iebih hidup dan menyenangkan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan CTL dalam proses pembelajaran adalah faktor waktu, terutama saat berdiskusi dalam kelompok (learning community) dan diskusi kelas (sharing) pendapat antarkelompok. Hai ini dapat diatasi apabila dosen konsisten dengan waktu yang sudah ditetapkan di dalam rencana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.17 Sya i
Keywords: Menulis; Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 Jun 2016 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item
View Item