Siahaan, Juriati (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331015 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4133331015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 4133331015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 4133331015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM 4133331015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
6. NIM 4133331015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 4133331015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4133331015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4133331015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM 4133331015 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM 4133331015 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4133331015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan pada pokok bahasan Hidrolisis Garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang berjumlah enam kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Model Mengajar Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan Model Konvensional. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen tes yang valid 20 soal dengan reliabilitas 0,83. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pre-test, post-test dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ˃ ttabel, yakni 3,29 ˃ 1,6723 pada peningkatan hasil belajar kimia siswa, berarti Ha diterima dan Ho ditolak yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan lebih tinggi daripada Model Pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan Hidrolisis Garam. Persentase peningkatan hasil belajar siswa yang diajar melalui Penerapan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) sebesar 66,1% sedangkan dengan Model Pembelajaran Konvensional sebesar 57,2% pada pokok bahasan Hidrolisis Garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 095 |
Keywords: | M3PK; Gain; Kimia SMA; Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24998 |