Purba, Nurhaida Natalia (2017) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DAN FREE DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL, PENGETAHUAN METAKOGNITIF DAN KESADARAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMA NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156173013 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2 NIM. 8156173013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM. 8156173013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4 NIM. 8156173013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5 NIM. 8156173013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6 NIM. 8156173013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM. 8156173013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8 NIM. 8156173013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
9 NIM. 8156173013 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
13 NIM. 8156173013 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14 NIM. 8156173013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model guided discovery dan free discovery terhadap pengetahuan prosedural, pengetahuan metakognitif dan kesadaran metakognitif siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 6 dengan perlakuan guided discovery, XI MIA 5 dengan perlakuan free discovery dan XI MIA 4 dengan perlakuan konvensional. Masing-masing kelas berjumlah 38 siswa sehingga total sampel adalah 114 siswa. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes dan angket MAI (Metacognitive Awarreness Inventory). Pengetahuan prosedural dan metakognitif dianalisis teknik analisis kovariat (Anacova) sedangkan kesadaran metakognitif siswa dengan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan uji lanjut Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran (guided discovery, free discovery, dan konvensional) terhadap pengetahuan prosedural siswa (F = 5,144; P = 0,007) dan terhadap pengetahuan metakognitif (F = 4,989; P = 0,008). Hasil One Way Anova menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran (guided discovery, free discovery dan konvensional) (F = 3,887; P = 0,023). Nilai rata-rata postes pengetahuan prosedural, pengetahuan metakognitif dan kesadaran metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided discovery lebih tinggi dibandingkan dengan model free discovery dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Pur p |
Keywords: | guided discovery; free discovery; pengetahuan prosedural; pengetahuan metakognitif; kesadaran metakognitif siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 14:18 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24813 |