Anggraini, Dini (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE KELAS IV SD NEGERI 064989 MEDAN Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh PENDIDIKAN GURU FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN EVERYONE IS TEACHER HERE DI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111017 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 1133111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 1133111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 1133111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 1133111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 1133111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 1133111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM. 1133111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM. 1133111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 1133111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terkait dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 064989 tahun ajaran 2016-2017.
Penelitian ini bertujuan untuk “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Everyone Is Teacher Here Di Kelas
IV SD Negeri 064989 Medan Tahun Ajaran 2016-2017”. Subjek penelitian dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 064989 yang berjumlah 20 siswa.
Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan metode Pembelajaran Everyone Is
Teacher here .
Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi sebagai alat ukur
untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh pada
saat pretest dilakukan yaitu dari 20 siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal
sebanyak 16 siswa (80%) memperoleh nilai belum tuntas dan sebanyak 4 siswa
(20%) memperoleh nilai tuntas. Pada postest I diperoleh sebanyak 9 siswa (45%)
memperoleh nilai belum tuntas akan tetapi mengalami peningkatan sebanyak 11
siswa (55%) yang memperoleh nilai tuntas. Pada postest II diperoleh sebanyak 3
siswa (15%) memperoleh nilai belum tuntas akan tetapi sebanyak 17 siswa (85%)
memperoleh nilai tuntas. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ”
penggunaan metode pembelajaran Everyone Is Teacher here Dapat meningkatkan
hasil belajar IPS Siswa Materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya
alam dan potensi lain didaerahnya di kelas IV SD Negeri 064989 Medan tahun
ajaran 2016-2017.
Dengan demikian guru dapat menggunakan metode everyone is teacher here
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain didaerahnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 160 |
Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Metode Everyone Is Teacher Here |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 03:03 |
Last Modified: | 19 May 2017 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24595 |