Agustina, Sri Ines (2017) MENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 106150 TANDAM HULU I T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311086_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1133311086_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 1133311086_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 1133311086_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 1133311086_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 1133311086_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 1133311086_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1133311086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 1133311086_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1133311086_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1133311086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan, maka peneliti merumuskan
masalah yaitu : “Apakah dengan menggunakan metode Active Learning dapat
meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada materi Health di kelas V SD
pada pembelajaran Bahasa Inggris SD Negeri 106150 Tandam Hulu I, Kec.
Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang T.A 2016/ 2017?
Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang
berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 9 orang
siswa perempuan di SD Negeri 106150 Tandam Hulu I.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, dalam setiap siklus
dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi
(pemantauan) dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan dari 27 orang siswa kelas V SD Negeri
106150 Tandam Hulu I kemampuan berbicara (speaking) siswa pada kondisi awal
terdapat 24 orang siswa belum tuntas dalam kemampuan berbicara dengan
persentase 88,89% dan 3 orang siswa yang tuntas dalam kemampuan bericara
dengan persentase 11,11% dengan nilai rata-rata 18. Selanjutnya dilaksanakan
siklus I dengan menggunakan strategi Active Learning terdapat 11 orang siswa
belum tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 40,74% dan 16
orang siswa yang tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 56,25%
dengan rata-rata 23. Pada siklus II terdapat 3 orang siswa yang belum tuntas
dalam kemampuan berbicara dengan persentase 11,11% dan 24 orang siswa yang
tuntas dalam kemampuan berbicara dengan persentase 88,88% dengan rata-rata
25.
Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan perolehan nilai pada
siklus I pertemuan 1 yaitu 53,75% dengan kriteria kurang, pertemuan 2 diperoleh
nilai 70% dengan baik dan pada siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai 82,5%
dengan kriteria baik, pertemuan 2 diperoleh nilai 95% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan kemampuan berbicara (speaking) siswa dengan menggunakan
strategi pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas
V SD Negeri 105061 Tandam Hulu I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 161 |
Keywords: | Strategi Active Learning Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 02:58 |
Last Modified: | 19 May 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24594 |