Hasanah, Soniatul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI SMPN 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146172064 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8146172064 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM 8146172064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM 8146172064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM 8146172064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 8146172064 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8146172064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM 8146172064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8146172064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 8146172064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share, (3) Adakah perbedaan kemampuan metakognisi dan kemampuan komunikasi matematis antara yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan konvensional, (4) Bagaimana proses jawaban siswa terkait kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan mengambil sampel dua kelas. (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan metakognisi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan koefisien reabilitas. Data dianalisis dengan Uji-t. Sebelum digunakan Uji-t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (3) Terdapat perbedaan kemampuan metakognisi dan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan konvensional (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan jawaban melalui pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share menunjukkan tercapainya indikator yang lebih baik dibandingkan pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Has p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; Kemampuan metakognisi; Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 04:31 |
Last Modified: | 04 May 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24497 |