Syarif, Nurhabibi (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY (TSTS) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS X SMK TKJ NEGERI 1 STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103311038 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. 4103311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. 4103311038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. 4103311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. 4103311038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 4103311038 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. 4103311038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 4103311038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 4103311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. 4103311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. 4103311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan kemampuan penalaran siswa yang diajarkan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi SPLDV dikelas X TKJ SMK Negeri 1 Stabat T.A 2016/2017, (2) bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa terkait kemampuan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay - Two Stray (TSTS) dan tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan STAD, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 625 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 (kelas eksperimen I) sebanyak 32 siswa dan kelas X TKJ 2 (kelas eksperimen II) sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Pengujian juga di bantu menggunakan software SPSS v.16.
Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data hasil pretest-posttes dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 062 |
Keywords: | Kemampuan penalaran, proses jawaban siswa, TSTS, STAD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 02:54 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24358 |