EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI ANALOGI FOKUS AKSI REFLEKSI (FAR) BERBANTU MEDIA EXE LEARNING PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMA

Baidhawi, Muhammad (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI ANALOGI FOKUS AKSI REFLEKSI (FAR) BERBANTU MEDIA EXE LEARNING PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156141010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156141010 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156141010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156141010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156141010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM. 8156141010 PREFERACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156141010 PREFERACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM. 8156141010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM. 8156141010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 8156141010 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156141010 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 8156141010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM. 8156141010 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156141010 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 8156141010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156141010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM. 8156141010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Perbedaan pengaruh model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa; 2)Perbedaan hasil belajar terhadap motivasi belajar tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning; 3)Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; 4)Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 2 dan SMAN 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua sekolah yaitu SMAN 2 dan SMAN 3 Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliabel, lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 24. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1)Terdapat perbedaan pengaruh model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa. 2)Terdapat perbedaan pengaruh tingkat kemampuan motivasi belajar tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Analogi FAR dengan media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa. 3)Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan kemampuan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 4)Terdapat hubungan atau pengaruh antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi analogi FAR terhadap hasil belajar kimia siswa sebesar 33,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.240 712 Bai e
Keywords: Problem based learning; Analogi fokus aks refleksi; Motivasi belajar; Hasil belajar; Asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 08:12
Last Modified: 21 Apr 2017 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24211

Actions (login required)

View Item
View Item