Baidhawi, Muhammad (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI ANALOGI FOKUS AKSI REFLEKSI (FAR) BERBANTU MEDIA EXE LEARNING PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156141010 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 8156141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
3. NIM. 8156141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 8156141010 PREFERACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 8156141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 8156141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 8156141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 8156141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8156141010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM. 8156141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 8156141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Perbedaan pengaruh model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa; 2)Perbedaan hasil belajar terhadap motivasi belajar tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning; 3)Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; 4)Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 2 dan SMAN 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua sekolah yaitu SMAN 2 dan SMAN 3 Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliabel, lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 24. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1)Terdapat perbedaan pengaruh model PBL berorientasi analogi FAR berbantu media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa. 2)Terdapat perbedaan pengaruh tingkat kemampuan motivasi belajar tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi Analogi FAR dengan media eXe learning dan model DI berbantu media eXe learning terhadap hasil belajar siswa. 3)Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan kemampuan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 4)Terdapat hubungan atau pengaruh antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berorientasi analogi FAR terhadap hasil belajar kimia siswa sebesar 33,4%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.240 712 Bai e |
Keywords: | Problem based learning; Analogi fokus aks refleksi; Motivasi belajar; Hasil belajar; Asam basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:12 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24211 |