Saroh, Siti (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 KUALA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171081 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 8146171081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. NIM. 8146171081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8146171081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 8146171081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8146171081 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 8146171081 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146171081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (947kB) | Preview
12. NIM. 8146171081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM. 8146171081 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah, (2) perbedaan motivasi belajara antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah, (3) proses jawab antara siswa dalam menyelesaikan soal-soal komunikasi matematik setelah diberi pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dibanding dengan yang diberi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuala sebanyak 72 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dalam penelitian ini dengan tarafsignifikan 5% .Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu (1) Perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (2) Perbedaan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan komunikasi matemtik; Motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 08:03 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24210 |