Marbun, Lismawati Puspita Susilawati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR TRI SAKTI LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182030 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156182030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 8156182030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8156182030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 8156182030 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. 8156182030 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8156182030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156182030 LIST OF GRAFIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8156182030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM. 8156182030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
14. NIM. 8156182030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 8156182030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPS yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran CTL dengan hasil belajar IPS yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar IPS yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih dengan hasil belajar IPS yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 pada semester genap yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling, dengan mengambil dua kelas dengan jumlah tiap kelas 30 anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPS dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 40 soal dan instrumen angket motivasi belajar sebanyak 25 pernyataan. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar IPS siswa kelas pendekatan pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa kelas pendekatan pembelajaran Ekspositori dengan skor rata-rata pendekatan CTL = 80,29 dan skor rata-rata pendekatan Ekspositori = 61,48 (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang memiliki motivasi rendah dengan skor rata-rata motivasi tinggi = 79,89 dan skor rata-rata motivasi rendah = 61,51; dan (3) ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dengan skor rata-rata pendekatan CTL dengan motivasi tinggi = 87,25 dan rendah = 73,33 sedangkan skor rata-rata pendekatan Ekspositori dengan motivasi tinggi = 72,53 dan motivasi rendah = 49,7. Dengan hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat diterapkan bagi guru dan sekolah dalam menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu perlu ditingkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran CTL; Motivasi belajar; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 03:33 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23957 |