RINA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121121024 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4121121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM 4121121024 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 4121121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
5. NIM 4121121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 4121121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. NIM 4121121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM 4121121024 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM 4121121024 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 4121121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM 4121121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM 4121121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA
Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2
kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol
dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah
32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah
20 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas. Uji
hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05.
Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas
eksperimen yaitu 48,28 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 44,53.
Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,08 dan Ftabel = 2,37
sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen.
Hasil analisis data dari uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,962 < ttabel = 1,999
sehingga H0 diterima berarti kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang
sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 71,41 dan kelas kontrol = 62,50.
Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 3,835 dan ttabel = 1,667 sehingga
thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan
model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu
dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Imelda Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 056 |
Keywords: | Hasil belajar siswa, Inkuiri, Aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:39 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23922 |