Sianturi, Kristina Mandasari (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) BERBASIS KOLABORASI DENGAN MEDIA EXE LEARNING PADA MATERI REDOKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8156141007 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM. 8156141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
NIM. 8156141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
NIM. 8156141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
NIM. 8156141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM. 8156141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM. 8156141007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
NIM 8156141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM. 8156141007 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
NIM. 8156141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
NIM. 8156141007 BIBLYOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh SPPKB Berbasis Kolaborasi dengan Media eXe Learning dan Model Direct Instruction (DI) terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh keterampilan generik kimia (KGK) tinggi/rendah terhadap prestasi belajar, (3) interaksi kedua model dengan KGK terhadap prestasi belajar, (4) hubungan antara KGK dengan prestasi belajar serta (5) efektivitas model ditinjau dari Nilai KKM. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 1 Siborongborong sebanyak 2 kelas, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pada kelas eksperimen siswa akan dibelajarkan dengan model SPPKB Berbasis Kolaborasi dengan Media eXe Learning dan kelas kontrol siswa dibelajarkan dengan model DI. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diperoleh hasil prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang sama (homogen). Dari data penelitian diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata prestasi belajar siswa (N-gain) kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,757 dan 0,457, hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh dari model SPPKB Berbasis Kolaborasi dengan Media eXe Learning dan Model DI terhadap prestasi belajar. (2) siswa dengan keterampilan generik kimia tinggi memperoleh nilai rata-rata N-gain prestasi belajar sebesar 0,689 lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang memiliki tingkat keterampilan generik kimia rendah yaitu 0,567, sehingga terdapat perbedaan pengaruh keterampilan generik kimia tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan kedua model terhadap prestasi belajar siswa. (3) terdapat interaksi antara kedua model dengan KGK terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. 0,02. (4) terdapat hubungan KGK siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dengan konstribusi atau pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53,2%. (5) SPPKB berbasis kolaborasi dengan media eXe Learning lebih efektif daripada model DI ditinjau dari nilai KKM siswa. Jumlah siswa yang memenuhi KKM pada kelas eksperimen 27 siswa (90%) lebih banyak dari kelas kontrol yaitu 8 siswa (26%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540 Sia p |
Keywords: | SPPKB; Kolaborasi; Exe learning; KGK; Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Apr 2017 10:03 |
Last Modified: | 03 Apr 2017 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23843 |