PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2016/2017

Sinaga, Venina (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1a.COVER.pdf]
Preview
Text
1a.COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 1b.lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
1b.lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 1d.ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
1d.ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 1e.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1e.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1e.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1e.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1f.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1f.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 1g.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1g.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 1h.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1h.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 1i.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1i.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2.BAB I.pdf]
Preview
Text
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[thumbnail of 6.BAB V.pdf]
Preview
Text
6.BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe GI dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW
di SMA Negeri 1 Sunggal pada materi Program Linier T.A 2016/2017 dan apakah
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe GI lebih baik dari pada kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
TTW pada materi Program Linier T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu dengan desain penelitian posttest Only Control Group Design.
Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe GI dan TTW, sedangkan variabel terikat yaitu
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 5 kelas dan
yang menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara purposive
yaitu siswa kelas XI MIA-1 menjadi kelas eksperimen A dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe GI dan siswa kelas XI MIA-2 menjadi kelas
eksperimen B dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW.
Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan
menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah
diberikan perlakuan pada kelas eksperimen A diperoleh nilai rata-rata posttest adalah
76,96 sedangkan pada kelas eksperimen B nilai rata-rata posttest adalah 72,73.
Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti
berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis
penelitian dengan menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh
thitung (1,841) > (1,670). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model
pembelajaran GI dan TTW. Dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe GI lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TTW
dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Program
Linier bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 051
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematika, GI, TTW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 04:40
Last Modified: 09 Mar 2017 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item
View Item