PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KARAKTERISTIK ZAT DI KELAS VIISMP NEGERI3 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017

Silitonga, Astrid M. T. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KARAKTERISTIK ZAT DI KELAS VIISMP NEGERI3 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123321008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123321008 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123321008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123321008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123321008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123321008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123321008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123321008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123321008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123321008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123321008 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123321008 BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123321008 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123321008 BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Karakteristik Zat kelas VII semester I SMP Negeri 3PercutSei Tuan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two grup pretes – postes desain populasi seluruh siswa kelas VII Semester ganjil SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, yang terdiri atas sembilan kelas paralel. Sampel penelitiandiambil dua kelas yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih ialah kelas VII-6 sebagai kelas eksperimendan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yaitu 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essay berjumlah 10 soal. Soal yang dipakai yang telah digunakan validitas, lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata preteskelas eksperimen adalah 33,77 dengan standar deviasi 5,87 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata 32,83 denganstandardeviasi5,52.Data hasil belajar setelah perlakuan (postest) yang diperoleh ialah kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 78,34 dan standar deviasi 8,69 termasuk dalam kategori tinggi; serta kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64,60 dan standar deviasi 11,42. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung = 5,56 > ttabel = 1,99, α = 0,05, Ha diterima, H0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok karakteristik zat kelas VII SMP Negeri 3 PercutSei Tuan”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK - 2017 FIS 053
Keywords: Model pembelajaran berdasarkan masalah, mind mapping, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:51
Last Modified: 09 Mar 2017 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23642

Actions (login required)

View Item
View Item