Silitonga, Astrid M. T. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KARAKTERISTIK ZAT DI KELAS VIISMP NEGERI3 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123321008 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4123321008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 4123321008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 4123321008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 4123321008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 4123321008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4123321008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 4123321008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
10. NIM 4123321008 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM 4123321008 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
15. NIM 4123321008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Karakteristik Zat kelas VII semester I SMP Negeri 3PercutSei Tuan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two grup pretes – postes desain populasi seluruh siswa kelas VII Semester ganjil SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, yang terdiri atas sembilan kelas paralel. Sampel penelitiandiambil dua kelas yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih ialah kelas VII-6 sebagai kelas eksperimendan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yaitu 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essay berjumlah 10 soal. Soal yang dipakai yang telah digunakan validitas, lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata preteskelas eksperimen adalah 33,77 dengan standar deviasi 5,87 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata 32,83 denganstandardeviasi5,52.Data hasil belajar setelah perlakuan (postest) yang diperoleh ialah kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 78,34 dan standar deviasi 8,69 termasuk dalam kategori tinggi; serta kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64,60 dan standar deviasi 11,42. Dari hasil uji statistik diperoleh thitung = 5,56 > ttabel = 1,99, α = 0,05, Ha diterima, H0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok karakteristik zat kelas VII SMP Negeri 3 PercutSei Tuan”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK - 2017 FIS 053 |
Keywords: | Model pembelajaran berdasarkan masalah, mind mapping, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 03:51 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23642 |