Isnandar, Muhammad (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6121111026 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 6121111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM. 6121111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 6121111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 6121111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 6121111026 LISTOF TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM. 6121111026 LISTOF FIGURES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 6121111026 LISTOF APPENDICES M.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6121111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM. 6121111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 6121111026 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lompat jauh dengan media rintangan pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Pegajahan.
Metode penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dan Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang terdiri dari 40 siswa, objek dalam
penelitian ini adalah menggunakan media rintangan dalam upaya meningkatkan
hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas X-1 SMA N 1 Pegajahan Tahun
ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar
penilaian teknik dasar lompat jauh.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dasar lompat jauh, setelah tes siklus I dilaksanakan maka
diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 40 siswa terdapat 27 siswa yang
telah tuntas yaitu sebesar 67,5 % dengan niai rata-rata 74,95, dan 13 siswa yang
tidak tuntas sebesar 32,5%. Ini berarti ketuntasan klasikal (>85%) belum tercapai.
Untuk itu peneliti masih melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan
peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes siklus II yang sama
perlakuannya pada siklus I. setelah tes siklus II dilaksanakan maka diperoleh
peningkatan hasil belajar siswa dari 40 siswa terdapat 36 siswa yang telah tuntas
yaitu sebesar 90 % dengan nilai rata-rata 79,68 dan 4 siswa yang tidak tuntas
sebesar 10 % Ini berarti ketuntasan secara klasikal (>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil Penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh
pada siswa kelas X SMA N 1 Pegajahan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 025 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Gaya Jongkok |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 08:19 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23206 |