Napitupulu, Ediaman (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MELALUI SUPERVISI MODEL PENGEMBANGAN PADA SMA DI KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146132036 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. NIM. 8146132036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
03. NIM. 8146132036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. NIM. 8146132036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
05. NIM. 8146132036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06. NIM. 8146132036 TABLESl.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
07. NIM. 8146132036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
08. NIM. 8146132036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
09. NIM. 8146132036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
013. NIM. 8146132036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
014. NIM. 8146132036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru matematika menyusun rencana pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 melalui supervisi model pengembangan pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi berjumlah 7 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran Matematika. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 digunakan pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 25 dengan skor maksimum 75. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi model pengembangan untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kemampuan guru Matematika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 setelah dilakukan supervisi model pengembangan pada siklus I tergolong dalam kategori cukup dengan Nilai 77,5 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,7. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi model pengembangan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika menyusun rencana pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nap p |
Keywords: | Kemampuan guru; Supervisi klinis; Model pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Feb 2017 03:45 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22985 |