Sari, Masitah Puspa (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TIPE STAD BERBASIS SAINTIFIK DI SMPN 1 BENDAHARA. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146172042 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. NIM. 8146172042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
03. NIM. 8146172042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04. NIM. 8146172042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
05. NIM. 8146172042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06. NIM. 8146172042 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM. 8146172042 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
08. NIM. 8146172042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
012. NIM. 8146172042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
013. NIM. 8146172042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipe STAD berbasis saintifik, interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan proses jawaban siswa yang diajar dengan kedua tipe pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi seluruh siswa SMP Negeri 1 Bendahara. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur dan analisis deskriptif untuk proses jawaban siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis saintifik (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (3) Proses jawaban siswa pada tes kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang termasuk kategori baik sebanyak 44,80%, kategori cukup sebanyak 39,08% dan kategori kurang baik sebanyak 16,13% (4) Proses jawaban siswa pada tes kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD yang termasuk kategori baik sebanyak 71,89%, kategori cukup sebanyak 19,8% dan kategori kurang baik sebanyak 7,3%. Hal ini menunjukkan bahwa proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sar p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Group investigation; STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 03:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22942 |