Sitanggang, Anni Hartini Marito (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 1 SIMANINDO. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM. 8146172073 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
02. NIM. 8146172073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
03. NIM. 8146172073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
04. NIM. 8146172073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
05. NIM. 8146172073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
06. NIM. 8146172073 TABLES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
07. NIM. 8146172073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
08. NIM. 8146172073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM. 8146172073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
013. NIM. 8146172073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
014. NIM. 8146172073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) efektivitas proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah, meliputi : (a) pencapaian tujuan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemecahan masalah baik secara individu maupun klasikal, (b) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran, (c) tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran , (d) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simanindo sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket respon siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan (RPP, buku guru, buku siswa, dan LKS). Tes kemampuan pemecahan masalah sudah memenuhi tingkat kevalidan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,910. Berdasarkan data yang diperoleh dari ujicoba terhadap perangkat pembelajaran diketahui bahwa: 1) perangkat yang dikembangkan telah dapat memenuhi efektivitas proses pembelajaran, dimana: (a) persentase ketuntasan belajar siswa yang mencapai tingkat kemampuan pemecahan masalah 86,67% secara klasikal dari 30 orang siswa yang mengikuti tes dengan nilai minimal 2,67 (B-); (b) kadar aktivitas siswa telah memenuhi batas toleransi waktu ideal dalam pembelajaran pada ujicoba I maupun ujicoba II, (b) kemampuan guru pada ujicoba I sebesar 3,35 dan pada ujicoba II sebesar 3,93, (d) respon siswa terhadap proses pembelajaran sudah positif pada ujicoba I maupun ujicoba II; 2) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada postes ujicoba I yaitu 2,85 meningkat menjadi 3,01 pada ujicoba II dengan peningkatan rata-rata pada kategori sedang (rata-rata N-gain = 0,647)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 03:52 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22665 |