Rahmi, Elliya (2014) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
03. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. BAB I.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
013. BAB V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki pengaruh Pendekatan (PMR) atas kemampuan komunikasi matematika siswa, sikap positif terhadap matematika . Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Kartika 2 sebanyak 80 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, , tes kemampuan komunikasi matematik, skala sikap. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 13,37 dan 7,65 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,444, karena 0,444 > 0,05 maka adanya perbedaan antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa, rata-rata skala sikap positif siswa eksperimen dan kontrol adalah 62,40 dan 53,55 hal ini mengembarkan sikap positif siswa di kelas ekperimen lebih tinggi dari pada sikap positif siswa dikelas kontrol. Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PMR) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Rah p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran matematika (PMR); Komunikasi matematik; Sikap positif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 03:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22664 |