PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rahmi, Elliya (2014) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I.pdf]
Preview
Text
09. BAB I.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of 013. BAB V.pdf]
Preview
Text
013. BAB V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 014. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki pengaruh Pendekatan (PMR) atas kemampuan komunikasi matematika siswa, sikap positif terhadap matematika . Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Kartika 2 sebanyak 80 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, , tes kemampuan komunikasi matematik, skala sikap. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 13,37 dan 7,65 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < α = 0,05 maka terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Konvensional, nilai signifikan sebesar 0,444, karena 0,444 > 0,05 maka adanya perbedaan antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa, rata-rata skala sikap positif siswa eksperimen dan kontrol adalah 62,40 dan 53,55 hal ini mengembarkan sikap positif siswa di kelas ekperimen lebih tinggi dari pada sikap positif siswa dikelas kontrol. Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PMR) lebih bervariasi daripada Pendekatan Pembelajaran Konvensional. Temuan penelitian merekomendasikan PMR dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Rah p
Keywords: Pendekatan pembelajaran matematika (PMR); Komunikasi matematik; Sikap positif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:42
Last Modified: 17 Jan 2017 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22664

Actions (login required)

View Item
View Item