Wulandari (2015) AMÉLIORATION DE LA COMPÉTENCE DE COMPRÉHENSION ÉCRITE DES LYCÉENS EN UTILISANT LE MÉDIA DE BANDE DESSINÉE À SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA DE L’ANNÉE SCOLAIRE 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2103131030 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. 2103131030 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (896kB) | Preview
3. 2103131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. 2103131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. 2103131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. 2103131030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. 2103131030 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. 2103131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
9. 2103131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. 2103131030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. 2103131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan memahami teks dalam bahasa perancis siswa dengan menggunakan media komik. Objek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang kelas X MIA 4 semester satu yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda di kelas X MIA 4 pada mata pelajaran bahasa perancis pada bulan Agustus Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 minggu dalam 2 siklus : siklus pertama terdiri dari 4 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan angket. Penelitian ini direalisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut : merencanakan apa yang diajarkan guru dengan menggunakan media komik, membuat skenario pembelajaran dengan menggunakan media ini. Selanjutnya peneliti merealisasikan ujian pre-test untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa perancis sebelum pembelajaran dengan menggunakan media komik. Kemudian peneiliti mempersiapkan ujian final atau post-test setelah siklus pertama dan kedua selesai. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor kemampuan memahami teks adalah nilai rata-rata kemampuan awal siswa (pre-test) sebesar : 54,76. Nilai rata-rata pada siklus 1 (post-test I) adalah sebesar : 68,32 dan nilai rata-rata kemampuan akhir siswa (post-test II) adalah sebesar : 82,32. Dengan demikian, terjadi peningkatan kemampuan memahami teks bahasa perancis siswa dengan menggunakan media komik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FRA 006 |
Keywords: | Membaca pemahaman; Komik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 03:42 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22578 |