Andani, Indri Gusri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2102111012_COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 2102111012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM 2102111012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM 2102111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 2102111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 2102111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM 2102111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM 2102111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 2102111012_BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. NIM 2102111012_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 2102111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan dengan jumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diambil secara homogen dengan two group post-tes design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) oleh siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan tahun pembelajaran 2014/2015 berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 82,12, dan kemampuan menulis teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan tahun pembelajaran 2014/2015 berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 69,47.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,54, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = (40+40) - 2 = 78, makadiperoleh taraf sifnifikan 5% = 1,99 dan taraf signifikan 1% = 2,64. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 1,99 < 8,54 > 2,64, maka dapat dinyatakan Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 009 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis proyek; Teks cerpen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:30 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22419 |