PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA NOTASI LAGU DAERAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 AEK NABARA

Panggabean., Agnes Rebecca (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA NOTASI LAGU DAERAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 AEK NABARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2103140002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2103140002 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2103140002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2103140002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2103140002 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2103140002 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2103140002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2103140002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2103140002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2103140002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2103140002 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2103140002 TABLE.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2103140002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2103140002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2103140002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2103140002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2103140002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2103140002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2103140002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2103140002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang belum menguasai cara
membaca notasi angka kelas IX SMP Negeri Aek Nabara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model
pembelajaran Think, Pair and Share.
Schubert (Nurdin, 2004:70) menyatakan bahwa: “Penerapan adalah
mempraktekan”. Guru dituntut untuk mampu menerapkan model pembelajaran
Think, Pair dan Share dalam pembelajaran notasi musik kelas IX dengan baik untuk
memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Aek Nabara Berjumlah 39
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi,
Wawancara, Tes hasil belajar dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas belajar
siswa dalam penerapan model pembelajaran think, pair and share.
Hasil penelitian untuk aktifitas siswa menunjukkan bahwa : pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 67.15. pada siklus II nilai rata-rata 81.89. Dengan demikian, terdapat
peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II 14.74. kelulusan pada siklus
I mencapai 47.73 % (17 siswa yang tuntas) sedangkan pada siklus II mencapai
84.21 % (32 siswa yang tuntas). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran
membaca notasi lagu daerah kelas IX SMP Negeri 1 Aek Nabara. Untuk
meningkatkan hasil belajar membaca notasi lagu daerah kelas IX SMP Negeri 1
Aek Nabara dengan menerapkan model pembelajaran think, pair and share.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MSK 004
Keywords: Think, Pair and Share,mebca Notasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:10
Last Modified: 23 Dec 2016 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

View Item
View Item