Panggabean., Agnes Rebecca (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA NOTASI LAGU DAERAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 AEK NABARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103140002 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM 2103140002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 2103140002 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. NIM. 2103140002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM. 2103140002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. NIM. 2103140002 TABLE.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 2103140002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 2103140002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
12. NIM. 2103140002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM. 2103140002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak siswa yang belum menguasai cara
membaca notasi angka kelas IX SMP Negeri Aek Nabara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model
pembelajaran Think, Pair and Share.
Schubert (Nurdin, 2004:70) menyatakan bahwa: “Penerapan adalah
mempraktekan”. Guru dituntut untuk mampu menerapkan model pembelajaran
Think, Pair dan Share dalam pembelajaran notasi musik kelas IX dengan baik untuk
memberikan dampak positif dan peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Aek Nabara Berjumlah 39
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi,
Wawancara, Tes hasil belajar dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas belajar
siswa dalam penerapan model pembelajaran think, pair and share.
Hasil penelitian untuk aktifitas siswa menunjukkan bahwa : pada siklus I diperoleh
nilai rata-rata 67.15. pada siklus II nilai rata-rata 81.89. Dengan demikian, terdapat
peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II 14.74. kelulusan pada siklus
I mencapai 47.73 % (17 siswa yang tuntas) sedangkan pada siklus II mencapai
84.21 % (32 siswa yang tuntas). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
think, pair and share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran
membaca notasi lagu daerah kelas IX SMP Negeri 1 Aek Nabara. Untuk
meningkatkan hasil belajar membaca notasi lagu daerah kelas IX SMP Negeri 1
Aek Nabara dengan menerapkan model pembelajaran think, pair and share.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSK 004 |
Keywords: | Think, Pair and Share,mebca Notasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:10 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22333 |