Turatama., Rio (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 708114237 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
3. 708114237 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. 708114237 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 708114237 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. 708114237 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 708114237 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. 708114237 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. 708114237 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. 708114237 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9.708114237 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X di
SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise,
Summary (ROPES) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar
mengidentifikasi kebutuhan manusia di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran
2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Kartika I-2 Medan
berjumlah 240 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak ( Random Sampling)
yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai
kelas kontrol yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
instrumen dalam bentuk tes pilihan berganda. Uji validitas menggunakan teknik korelasi
product moment dan uji reliabilitas tes dengan KR-20 dengan hasil sebesar r hitung> r tabel
(0,804 > 0,312).
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) 77,50
sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan metode konvensional 68,50. Teknik analisis
data yang dipergunakan yaitu dengan uji t pada taraf signifikansi alpha 5% `diperoleh nilai t
hitung sebesar 4,323 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian model pembelajaran
Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar
mengidentifikasi kebutuhan manusia di SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran
2013/2014 sehingga Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa SMA Swasta Kartika I-2 Medan berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada kompetensi dasar mengidentifikasi
kebutuhan manusia SMA Swasta Kartika I-2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:57 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22245 |