Hasibuan, Iin Sundari (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4112111009 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2 NIM 4112111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4 NIM 4112111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5 NIM 4112111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6 NIM 4112111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7 NIM 4112111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8 NIM 4112111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9 NIM 4112111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4112111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
14 NIM 4112111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
15 NIM 4112111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3 NIM 4112111009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual
Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar
Merbau Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagar Merbau dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-A kelas VIII-B sebanyak 61 orang. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu. Data yang digunakan adalah tes PAM
yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan pemecahan
masalah berbentuk uraian sebanyak 4 soal yang sebelumnya telah diujicobakan
untuk melihat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda tes. Sebelum
pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji
Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F.
Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua
sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa
memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh
nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah 64,37 dengan
simpangan baku 9,47 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematik yang diberi pembelajaran langsung adalah 45,38 simpangan baku
7,05. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh
t = 8,865 dan t = 2,001. Ternyata t > t , sehingga ditolak
dan diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contextual
Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
diajar dengan model pembelajaran langsung.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model
Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika dapat
dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa khususnya pada
materi teorema Phytagoras
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 048 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Teorema Phytagoras; Elemen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 07:45 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22031 |