Simatupang, Ridwandi Asdeni (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311199 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 6103311199 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM. 6103311199 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM. 6103311199 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM. 6103311199 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6. NIM. 6103311199 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM. 6103311199 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 6103311199 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 6103311199 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 6103311199 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 6103311199 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Lari Sprint dengan
menggunakan Gaya mengajar Resiprokal Pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1
Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016”.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan
memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata dan
persentase ketuntasan belajar.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli
Serdang, waktu penelitian pada tanggal 24 Februari sampai dengan 10 Maret
Tahun 2016. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan Gaya Mengajar
Resiprokal, untuk meningkatkan hasil belajar Lari Sprint. Sedangkan subjek dalam pe
nelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri
dari 14 putra dan 16 putri. Jenis penelitian ini adalah menggunakan PTK
(PenelitianTindakanKelas).Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar
fortofolio penilaian hasil belajar Lari Sprint.
Dari hasil tes awal dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian
ini, ternyata hanya 5 orang siswa (16,66%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar,
sedangkan selebihnya yaitu 25 orang siswa (83,33%) belum memiliki ketuntasan
belajar (Tidak Tuntas). Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 58,31%.
Sedangkan hasil pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Atletik Lari Sprint
yaitu 16 orang siswa (53,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 14 orang
siswa (46,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam
melakukan Lari Sprint pada siklus I secara keseluruhan mencapai (68,93%). Pada
siklus II yaitu 26 orang siswa (86,66%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 4 orang
siswa (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara
keseluruhan dalam melakukan Lari Sprint pada siklus II mencapai (86,66%).
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil
belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,69 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya
sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penggunaan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas XI
SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2015/2016 dapat memberikan konstribusi yang
sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar Atletik Lari Sprint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 038 |
Keywords: | Lari Sprint;Gaya Mengajar Resiprokal; Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 01:56 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21904 |