Perangin-Angin, Nurainun (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim. 6123311066 Cover.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2 Nim. 6123311066 Approval.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3 Nim. 6123311066 Abstract.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4 Nim. 6123311066 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5 Nim. 6123311066 Table of Contents.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6 Nim. 6123311066 Illustration.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7 Nim. 6123311066 Tables.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 Nim. 6123311066 Appendices.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Nim. 6123311066 Chapter I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13 Nim. 6123311066 Chapter V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14 Nim. 6123311066 Bibliography.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : Pembelajaran lari sprint belum secara bertahap seperti sikap badan saat memasuki garis finish.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan pendekatan bermain (pree test) diperoleh 12 siswa ( 30% ) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 28 siswa ( 70% ) belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata-rata 58,53. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan bermain. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain siklus I diperoleh 18 siswa ( 45% ) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa ( 55% ) belum mencapi tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 65,62. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan bermain. (3) dari tes hasil belajar melalui pendekatan bermain siklus II diperoleh 35 siswa ( 87,50% ) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rat siswa 81,15.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan mengunakan pendekata bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PJKR 028 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atlitek; Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 04:03 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21885 |