Haidir (2016) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HINAI KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6121111016 CAVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 6121111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3. NIM. 6121111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 6121111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 6121111016 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 6121111016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 6121111016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 6121111016 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 6121111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 6121111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 6121111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan variasi pembelajaran siswa kelas X – 3 SMA Negeri 1 Hinai Kab.Langkat pada tahun ajaran 2016-2017. Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan deskripsi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – 3 SMA Negeri 1 Hinai Tahun Ajaran 2016-2017 yang berjumlah 26 orang, diantaranya terdiri dari 7 orang siswa putra dan 19 orang siswa putri.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (65,38%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (34,61%) siswa yang belum tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus I secara keseluruhan mencapai (71,15). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (88,46%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (11,53%) siswa yang belum tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus II mencapai (80,52%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan variasi pembelajaran dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap proses belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Hinai Kab. Langkat TahunAjaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 018 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Atlitik; Lompat Jauh |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 03:05 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21873 |