Purba, Ripase Nostanta (2016) ANALISIS GAMBAR EKSPRESI DENGAN MEDIA PENSIL WARNA DITINJAU DARI KECENDERUNGAN OBJEK DAN KESESUAIAN TERHADAP TEORI PERKEMBANGAN ANAK PADA SEKOLAH TK UMAIRA KOTAMADYA MEDAN TAHUN 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2121151009 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 2121151009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 2121151009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM. 2121151009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
5. NIM. 2121151009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6. NIM. 2121151009 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 21211511009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
8. NIM. 2121151009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
12. NIM. 2121151009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 2121151009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan objek gambar ekspresi media pensil warna dan kesesuaian terhadap teori perkembangan anak pada sekolah TK Umaira Kotamadya Medan Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari 2016 sampai Mei 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui aspek penilaian dan ciri perkembangan anak.
Populasi penelitian adalah hasil karya dari 95 orang siswa dan sampel yang diambil dengan teknik Cluster random Sampling yaitu sampel bilamana populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster yaitu sebanyak 48 sampel karya dari 48 anak.
Hasil temuan pada penelitian anak-anak TK Umaira adalah objek rumah sebanyak 22 (45,8%), manusia sebanyak 19 (39,5%), bunga sebanyak 12 (25%), pelangi dan awan sebanyak 6 (12,5%), pohon sebanyak 6 (12,5%), binatang sebanyak 4 (8,3%), tangga sebanyak 4 (8,3%), mobil sebanyak 3 (6,25%) dan berbagai bentuk lain seperti berupa garis vertikal dan horizontal yang disambung menjadi satu dan bentuk bundar yang dikerjakan berulang-ulang. Hasil menggambar ekspresi anak-anak TK Umaira terhadap teori perkembangan anak usia 4-7 tahun sudah sesuai, berdasarkan yang telah dijelaskan pada teknik analisis data, anak-anak TK Umaira berdasarkan dari ciri menggambar manusia sudah sesuai, menggambar rumah, letak gambar dan penggunaan warna sudah mencirikan anak pada masa pra-bagan menurut teori Lowenfeld. Kecenderungan objek-objek yang paling disukai oleh anak TK Umaira berdasarkan banyaknya jumlah tiap objek yang digambar adalah objek rumah sebanyak 22 buah. Semua siswa TK Umaira sudah mampu menggungkapkan perasaanya melalui gambar, semua anak-anak menggambar dengan serius dan rata-rata menggambar berdasarkan apa yang pernah dialaminya dan yang sering dilihat pada lingkungannya, dari 48 karya siswa hanya 3 siswa yang berdasarkan kejelasan bentuk masih kurang dimengerti oleh orang lain, namun gambar tersebut menggungkapkan apa yang sedang dipikirkan oleh anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 RUPA 049 |
Keywords: | Gambar Ekspresi; Pensil Warna; Perkembangan anak |
Subjects: | N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching N Fine Arts > ND Painting > ND1700 Watercolor painting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 09:42 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21312 |