Ritonga, Mardiah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PETA KONSEP DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 116875 RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
1. Nim. 8146182026 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2 Nim. 8146182026 Approval.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
3. Nim. 8146182026 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. Nim. 8146182026 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. Nim. 8146182026 Table of Content.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
6. Nim. 8146182026 Tables.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
7. Nim. 8146182026 Illustration.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8. Nim. 8146182026 Appendices.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
9. Nim. 8146182026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. Nim. 8146182026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. Nim. 8146182026 Bibliography.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung, (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah, dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 116875 Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu sebanyak 2 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 31 siswa dan 30 siswa, atau populasi seluruhnya berjumlah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas atau merupakan total unit populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning ( = 29,32) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung ( = 27) dengan Fhitung = 13,32 > Ftabel = 4,00, (2) rata-rata hasil belajar PPKn siswa dengan keterampilan sosial tinggi ( = 29,90) lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa dengan keterampilan sosial rendah ( = 26,20), dengan Fhitung = 10,41 > Ftabel = 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial dengan Fhitung = 12,51 > Ftabel = 4,00. Hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik keterampilan sosial tinggi maka model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan pada siswa dengan karakteristik keterampilan sosial rendah maka model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran langsung. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar untuk memperhatikan strategi pembelajaran dan karakteristik siswa dalam merancang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Rit p |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Keterampilan sosial; Hasil belajar PPKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 02:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21015 |