Pristiawaty, Endang (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN RAMU PENDAPAT (BRAINSTORMING) DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA AL-ULUM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136192037 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 8136192037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 8136192037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8136192037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 8136192037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 8136192037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM 8136192037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM 8136192037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM 8136192037 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM 8136192037 BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM 8136192037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan menulis paragraf argumentasi antara kelompok siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran ramu pendapat dan kelompok siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran ekspositori; (2) Keterampilan menulis paragraf argumentasi antara siswa berkreativitas tinggi dan kelompok siswa berkreativitas rendah; dan (3) Interaksi antara teknik pembelajaran dan kreativitas terhadap keterampilan menulis paragraf argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Al-Ulum Medan dengan populasi seluruh siswa kelas XI sebanyak 203 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang berjumlah 28 siswa pada kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas XI1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes keterampilan menulis paragraf argumentasi dan angket kreativitas belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa menggunakan teknik pembelajaran ramu pendapat lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan teknik pembelajaran ekspositori (Fhitung > Ftabel = 53.81 > 1.90) sehingga Ha diterima; (2) terdapat pengaruh keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah (Fhitung > Ftabel = 51.13 > 1.90) sehingga Ha diterima; (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran ramu pendapat (Brainstorming) dan kreativitas dalam memengaruhi keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa, dengan hasil perhitungan anava faktorial 2 x 2 diperoleh hasil perhitungan Fhitung > Ftabel = 43.23 > 1.90 sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.707 12 Pri p |
Keywords: | Teknik pembelajaran ramu pendapat; Kreativitas; Menulis paragraf argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20986 |