Pulungan, Dedi Zulkarnain (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA SMP NEGERI 1 KUALUH HULU AEK KANOPAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM 8136192007 Cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
NIM 8136192007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
NIM 8136192007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
NIM 8136192007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
NIM 8136192007 TABLE CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM 8136192007 TABEL.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
NIM 8136192007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM 8136192007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM 8136192007 Chapter I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
NIM 8136192007 Chapter V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
NIM 8136192007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan menyimak, dan (2) pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menyimak, (3) interaksi metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menyimak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian sebanyak 279 yang terdiri dari 7 kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Hulu sedangkan sampel berjumlah 80 siswa yang diambil dari dua kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran listening in action (kelas eksperimen), dan kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional (kelas kontrol). Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan menyimak sebanyak 40 soal dan tes penguasaan kosakata sebanyak 40 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, indeks daya beda, indeks tingkat kesukaran dan indeks pengecoh. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik infrensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian dua jalur (Anava) yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas Lillifors dan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlet. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran terhadap kemampuan menyimak ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 4,10 > 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penguasaan kosakata terhadap kemampuan menyimak ditunjukkan Fhitung > Ftabel yaitu 7,23 > 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat interaksi yang signifikan metode pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menyimak ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 4,44 > 3,97 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian data disimpulkan penggunakan metode pembelajaran listening in action lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan metode pembelajaran konvensional lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki penguasaan kosakata rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Pul p |
Keywords: | Metode pembelajaran; Kosakata; Kemampuan menyimak; Metode konvensional; Metode listening in action |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 03:08 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20918 |