PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP YPAK PTPN III GUNUNG PARA T.A 2016/2017

Malau, Chenly Kasandra (2016) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP YPAK PTPN III GUNUNG PARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123111011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123111011 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123111011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123111011  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123111011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123111011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123111011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111011 TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123111011  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4123111011 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4123111011 APENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123111011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123111011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123111011 BIBLIOGRAHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123111011 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP YPAK PTPN III Gunung Para setelah diterapkan metode Penemuan Terbimbing dan bagaimana aktivitas belajar siswa di kelas VII SMP YPAK PTPN III Gunung Para T.A 2016/2017 ketika diterapkan metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP YPAK PTPN III Gunung Para tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-A SMP SMP YPAK PTPN III Gunung Para tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes diagnostik yaitu 58,37 dengan tingkat pemahaman rendah. Secara klasikal dari 30 siswa hanya 5 siswa (16,67%) yang mencapai peningkatan kemampuan pemahaman konsep (mencapai nilai ≥ 75). Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 67,07 dengan tingkat pemahaman sedang dan jumlah siswa yang mencapai peningkatan sebanyak 12 siswa (40%). Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 80,93 dengan tingkat pemahaman tinggi dan sebanyak 26 siswa (86,67%) mencapai peningkatan, serta telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-A SMP YPAK PTPN III Gunung Para.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 171
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep; Metode Penemuan Terbimbing; Himpunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:01
Last Modified: 26 Oct 2016 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20907

Actions (login required)

View Item
View Item