Malau, Chenly Kasandra (2016) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP YPAK PTPN III GUNUNG PARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111011 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4123111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM 4123111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4123111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 4123111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM 4123111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 4123111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8 NIM 4123111011 APENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4123111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
13. NIM 4123111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4123111011 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP YPAK PTPN III Gunung Para setelah diterapkan metode Penemuan Terbimbing dan bagaimana aktivitas belajar siswa di kelas VII SMP YPAK PTPN III Gunung Para T.A 2016/2017 ketika diterapkan metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP YPAK PTPN III Gunung Para tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-A SMP SMP YPAK PTPN III Gunung Para tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari tes pemahaman konsep matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes diagnostik yaitu 58,37 dengan tingkat pemahaman rendah. Secara klasikal dari 30 siswa hanya 5 siswa (16,67%) yang mencapai peningkatan kemampuan pemahaman konsep (mencapai nilai ≥ 75). Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 67,07 dengan tingkat pemahaman sedang dan jumlah siswa yang mencapai peningkatan sebanyak 12 siswa (40%). Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 80,93 dengan tingkat pemahaman tinggi dan sebanyak 26 siswa (86,67%) mencapai peningkatan, serta telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-A SMP YPAK PTPN III Gunung Para.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 171 |
Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep; Metode Penemuan Terbimbing; Himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 07:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20907 |