UNSPECIFIED (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINTONGNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123311021 COVER.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2. NIM 4123311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM 4123311021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM 4123311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM 4123311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 4123311021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 4123311021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM 4123311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 4123311021 BAB I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
13. NIM 4123311021 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 4123311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi pokok kubus dan balok siswa SMP Negeri 4 Lintongnihuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi pokok kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Lintongnihuta T.A. 2015/2016.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 diperoleh 14 orang siswa (46,67%) yang mencapai nilai persentase dan 16 orang siswa (53,33%) yang mencapai nilai persentase (syarat ketuntasan belajar TKPM) dengan rata – rata nilai pada tes awal 40.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pembelajaran Kotekstual, nilai TKPM I di kelas VIII-1 dari 30 orang siswa, 22 orang siswa (73,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ) sedangkan 8 orang siswa (26,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 69,92. Sedangkan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II di kelas VIII-1, nilai TKPM siklus II dari 30 orang siswa siswa, 27 orang siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ) dan 3 orang siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 84,04. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan klasikal tes hasil TKPM I di kelas VIII-1 mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual di SMP Negeri 4 Lintongnihuta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi kubus dan balok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 197 |
Keywords: | Pendekatan Pembelajaran; Kubus dan Balok; Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20903 |