PENERAPANPEMBELAJARANMATEMATIKADENGANSOALTERBUKA (OPEN-ENDED) UNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISDANKREATIFSISWASMPNEGERI17MEDANT.A2016/2017

Wulandari, Riani (2016) PENERAPANPEMBELAJARANMATEMATIKADENGANSOALTERBUKA (OPEN-ENDED) UNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISDANKREATIFSISWASMPNEGERI17MEDANT.A2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 4123311043 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 4123311043 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 4123311043 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDU.pdf]
Preview
Text
02 NIM 4123311043 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDU.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 4123311043 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 4123311043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 4123311043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 4123311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 4123311043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 4123311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 4123311043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM 4123311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 4123311043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07 NIM 4123311043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 4123311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM 4123311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 4123311043 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 4123311043 BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4123311043 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4123311043 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4123311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4123311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa dengan penerapan soal terbuka (open-ended) dalam
pembelajaran matematika. (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa
dengan penerapan soal terbuka (open-ended) dalam pembelajaran matematika. (3)
mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan
berpikir kritis matematika dengan penerapan soal terbuka (open-ended). (4)
mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan
berpikir kreatif matematika dengan penerapan soal terbuka (open-ended).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 17 Medan pada semester ganjil tahun
ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang
berjumlah 36 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui penerapan pembelajaran
matematika dengan soal terbuka (Open Ended) pada pokok bahasan bilangan
bulat di kelas VII-8 SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2016/2017.Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar
observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis
dan kreatif siswa serta bagaimana proses jawaban yang diberikan siswa.
Sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan
proses belajar mengajar pada saat menerapkan pembelajaran matematika dengan
soal terbuka (open-ended) di Kelas VII-8 SMP Negeri 17 Medan T.A 2016/2017.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis
siswa mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal dari 42% (15 orang)
pada tes awal menjadi 56% (20 orang) pada siklus I dan 83% (30 orang) pada
siklus II. Berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami
peningkatan ketuntasan klasikal dari 53% (19 orang) pada tes awal menjadi 64%
(23 orang) pada siklus I dan 88% (32 orang) pada siklus. Berdasarkan proses
jawaban yang diberikan siswa pada tes awal 44% (16 orang) siswa yang berada
pada kategori baik, pada Siklus I meningkat menjadi 64% (23 orang) dan pada
siklus II menjadi 94% (34 orang) siswa yang berada pada kategori baik.
Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 60,57% (kurang baik)
pada siklus I menjadi 87,57% pada siklus II. Kemampuan guru mengelola
pembelajaran meningkat dari 77,5% (cukup baik) pada siklus I menjadi 85,83%
pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti penyarankan agar
penerapan soal terbuka (open-ended) dalam pembelajaran matematika dapat
dijadikan salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 168
Keywords: Soal Terbuka; Belajar dan Pembelajaran Matematika; Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 10:13
Last Modified: 25 Oct 2016 10:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20878

Actions (login required)

View Item
View Item