Marselina, Yulitaria (2016) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA SANTO THOMAS 2 BINJAI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111090 - Cover.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 4123111090 - Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4. NIM. 4123111090 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 4123111090 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
6. NIM. 4123111090 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM. 4123111090 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4123111090 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4122111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
10. NIM. 4123111090 - Bab I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
14. NIM. 4123111090 - Bab V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
15. NIM. 4123111090 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 4123111090 - RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan. (3) Mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended. (4) Mengetahui keefektifan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Santo Thomas 2 Binjai T.A 2016/2017 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 65,93 dengan 60,71% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,24 dengan 85,71% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori cukup kritis. (2) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57,14% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,86%. (3) Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan open ended adalah positif dengan persentase pada siklus I sebesar 83,93 % dan pada siklus II sebesar 92,86 %. (4) Pendekatan open ended dalam pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 176 |
Keywords: | Pendekatan Open Ended; Kemampuan Berpikir Kritis;Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 09:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20867 |