Siahaan, Novi Ryanti (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP ETIS LANDIA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122111031 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 4122111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 4122111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 4122111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 4122111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 4122111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4122111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 4122111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 4122111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. NIM. 4122111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 4122111031 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IX SMP Swasta Etis Landia Medan melalui pembelajaran Think-Pair-Share Berbasis Budaya Batak Toba, (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Swasta Etis Landia Medan melalui pembelajaran Think-Pair-Share Berbasis Budaya Batak Toba, (3) Mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematika melalui model pembelajaran Think-Pair-Share Berbasis Budaya Batak Toba. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-1 SMP Swasta Etis Landia Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes komunikasi matematika pada siklus I sebesar 68,33 dengan 56,67% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat komunikasi matematika minimal kategori baik kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 84,44 dengan 86,67% dari jumlah siswa memiliki tingkat komunikasi matematika minimal kategori baik, (2) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 67,08 dengan 53,33% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori baik kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan 83,33% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis minimal kategori baik, (3) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematika secara klasikal pada siklus I berada pada kategori cukup baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi baik. Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Think-Pair-Share Berbasis Budaya Batak Toba dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMP Swasta Etis Landia Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 170 |
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematika;Pembelajaran Berbasis Budaya Batak Toba;Bangun Ruang Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 07:33 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20856 |