UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN T.A 2016/2017

Tamba, Indah Hartaty (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123111031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123111031 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123111031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123111031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123111031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123111031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123111031 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123111031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111031 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123111031 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123111031 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123111031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123111031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123111031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) Pengelolaan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa, (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-7 SMPN 27 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 69 dengan 51,43% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis kemudian rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 81 dengan 85,71% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis. (2) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika secara klasikal pada siklus I berada pada kategori cukup baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMPN 27 Medan T.A 2016/2017, (2) Proses penyelesaian jawaban siswa sangat baik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 136
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Sintaks; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:24
Last Modified: 25 Oct 2016 07:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item
View Item