Tamba, Indah Hartaty (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123111031 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4123111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 4123111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4123111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 4123111031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4123111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 4123111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4123111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM 4123111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM 4123111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4123111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) Pengelolaan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa, (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-7 SMPN 27 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes berpikir kritis pada siklus I sebesar 69 dengan 51,43% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat berpikir kritis kemudian rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 81 dengan 85,71% dari jumlah siswa memiliki tingkat berpikir kritis. (2) Proses penyelesaian masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika secara klasikal pada siklus I berada pada kategori cukup baik kemudian meningkat pada siklus II menjadi sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IX SMPN 27 Medan T.A 2016/2017, (2) Proses penyelesaian jawaban siswa sangat baik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 136 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Sintaks; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 07:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20855 |