Sinaga, Rifka Purnama Sari (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NASRANI 1 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123311046 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. 4123311046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. 4123311046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. 4123311046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. 4123311046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. 4123311046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 4123311046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 4123311046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. 4123311046 BAB I.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
13. 4123311046 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. 4123311046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VII SMP Nasrani 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nasrani 1 Medan sebanyak 30 orang.
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas VII diperoleh 26 orang siswa (86,67%) yang mencapai nilai persentase <65% dan 4 orang siswa (13,33%) yang mencapai nilai persentase ≥65% (syarat ketuntasan belajar TKPM) dengan rata – rata nilai pada tes awal 13,2.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik, nilai tes hasil belajar TKPM I di kelas VII dari 30 orang siswa, 22 orang siswa (73,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) sedangkan 8 orang siswa (26,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 28,17. Sedangkan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II di kelas VII, nilai tes hasil belajar TKPM siklus II dari 30 orang siswa siswa, 26 orang siswa (86,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) dan 4 orang siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 32,9. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan klasikal tes hasil TKPM I di kelas VII mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di SMP Nasrani 1 Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 137 |
Keywords: | Matematika; Pendekatan Pembelajaran; Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 03:15 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20844 |