Bangun, Lidya Evanora (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKANMICROSOFTPOWERPOINT PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4134131003 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4134131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3 NIM 4134131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM 4134131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5 NIM 4134131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6 NIM 4134131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM 4134131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4134131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9 NIM 4134131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13 NIM 4134131003 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14 NIM 4134131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan
aktivitas belajar siswa pada model Problem Based Learning pada pembelajaran
Struktur Atom dan untuk mengetahui korelasi aktivitas belajar dengan hasil
belajar siswa, Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta
Santa Maria Kabanjahe berjumlah dua kelas. Sampel penelitian adalah random
sample, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai
kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model Problem
Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung
(Direct Instruction) dan kedua kelas menggunakan media Microsoft Power Point.
Data yang diambil adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Data hasil
belajar diambil menggunakan instrument test objektif sebanyak 20 butir yang
telah diuji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distraktor dan
data aktivitas belajar menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas belajar
siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan dan uji korelasi.
Rata – rata hasil belajar (gain) pada kelas eksperimen sebesar 73,9% dan kelas
kontrol sebesar 56,75%. Rata – rata aktivitas belajar siswa pada kelas
eksperimen sebesar 80,04 dan pada kelas kontrol sebesar 71,79. Uji Hipotesis I
diperoleh thitung > ttabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu pengaruh
hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Direct
Instructions pada pokok bahasan struktur atom. Uji hipotesis II diperoleh harga
thitung > ttabel, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu aktivitas belajar siswa
melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada
aktivitas belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa melalui model
pembelajaran Direct Instructions dengan menggunakan Microsoft Power Point
pada pokok bahasan struktur atom. Uji hipotesis III (uji korelasi) karena rhitung >
rtabel maka Ha diterima, yang menunjukkan adanya korelasi positif antara aktivitas
belajar siswa dengan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning
dengan menggunakan Microsoft Power Point pada pokok bahasan Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 216 |
Keywords: | Problem Based Learning; Hasil Belajar;Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 01:49 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20796 |