Zulmividya, Fariza (2016) PENGARUHMODELPEMBELAJARANPROBLEMBASEDLEARNING (PBL) TERINTEGRASI METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331012 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4123331012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4 NIM 4123331012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 NIM 4123331012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6 NIM 4123331012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7 NIM 4123331012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8 NIM 4123331012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4123331012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10 NIM 4123331012 BAB I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14 NIM 4123331012 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
15 NIM 4123331012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3 NIM 4123331012 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa,
peningkatan sikap kerjasama siswa, dan korelasi sikap kerjasama siswa dengan
peningkatan hasil belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model
pembelajaran PBL terintegrasi metode PS3. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X PMS (Peminatan Matematika dan Sains) SMA Negeri 2
Binjai yang berjumlah 10 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini
diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai
kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I
mendapat pembelajaran model pembelajaran PBL terintegrasi metode PS3. Kelas
eksperimen II mendapat pembelajaran model pembelajaran direct instruction
terintegrasi metode PS3. Masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini berbentuk essay test berjumlah 8 soal yang
semuanya valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,92. Berdasarkan hasil uji
persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas
eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis
dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung
> ttabel, yakni 4,41 > 1,66724 berarti Ha diterima. Demikian juga untuk sikap
kerjasama siswa diperoleh 5,43 > 1,66724 berarti Ha diterima. Peningkatan hasil
belajar siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran PBL terintegrasi
metode PS3 lebih tinggi daripada yang mendapat pembelajaran model
pembelajaran direct instruction pada pokok bahasan stoikiometri sub-bab konsep
mol yaitu 70,04% > 54,57%. Begitu pula peningkatan sikap kerjasama siswa yaitu
54,61% > 42,58%. Uji korelasi menunjukkan adanya korelasi positif antara sikap
kerjasama siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu rhitung > rtabel (0,75 >
0,334) dengan koefisien determinasi 57%. Dan tingkat kemampuan siswa dalam
menggunakan langkah-langkah PS3 untuk kelas eksperimen I sebesar 74,29%
dengan kategori sedang. Sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 62,86%
dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 200 |
Keywords: | Problem Based Learning;Hasil Belajar;Stoikiometri; Konsep Mol. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 07:38 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20771 |