Munthe, Yohana Raphyta (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA KARTU BERPASANGAN (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASILBELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131090 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4123131090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 4123131090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4123131090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
6. NIM 4123131090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 4123131090 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM 4123131090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4123131090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
10. NIM 4123131090 BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
14. NIM 4123131090 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4123131090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional pada pokok bahasan konsep mol. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Doloksanggul. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pengajaran model TPS dan kelas kontrol diberi pengajaran konvensional. Sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 45,8 + 7,38 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe TPS diperoleh hasil belajar siswa sebesar 85,36 + 5,66. Sedangkan untuk siswa pada kelas kontrol sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 50,54 + 9,94 dan setelah diberikan pembelajaran konvensional diperoleh hasil belajar siswa sebesar 82,68 + 6,01.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 3,402 > 1,675 dengan taraf signifikasi 5%, sehingga Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe TPS dengan media kartu berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dari hasil perhitungan gain antara post-tes dan pre-tes diperoleh besarnya gain pada kelas eksperimen adalah 73% dan pada kelas kontrol adalah 66%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 144 |
Keywords: | Think Pair Share ;Prestasi belajar; Konsep mol |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 03:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20752 |