Samosir, Rahmi Anada (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123331040 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123331040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM 4123331040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4.NIM 4123331040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
5.NIM 4123331040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4123331040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 4123331040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8.NIM 4123331040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4123331040 BAB I.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13.NIM 4123331040 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4123331040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari
tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara
undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan
kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas
eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda
berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan
perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang
sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir
dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya,
hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal.
Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk α = 0,05, karena thitung
berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-1,974 dan t >1,974
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 167 |
Keywords: | Problem Based Learning ; Learning Cycle;Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20724 |