PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Samosir, Rahmi Anada (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEARNING CYCLE PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123331040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123331040 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123331040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123331040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123331040 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123331040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4123331040 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4123331040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4123331040 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4123331040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123331040 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123331040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123331040 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123331040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4123331040  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4123331040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123331040 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123331040 BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4123331040  BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4123331040 BAB V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123331040 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123331040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia
siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Learning Cycle pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Penelitian ini merupakan penelitian eksprimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartini Utama Sei Rampah yang tediri dari
tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampeling yaitu secara
undian diambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksprimen I dan
kelas X1 sebagai eksprimen II. Sampel penelitian kelas eksprimen I dan kelas
eksprimen II masing-masing berjumlah 40 orang. Instrumen test digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda
berjumlah 20 soal. Kelas eksprimen I diberikan perlakukan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksprimen II diberikan
perlakuan dengan model Learning Cycle. Dikedua kelas diberikan perlakuan yang
sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir
dilakukan posttest. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya,
hasil yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal.
Hasil uji t di peroleh thitung = 4,71 dan ttabel = 1,974 untuk α = 0,05, karena thitung
berada pada daerah kritis dimana daerah kritis berada pada t<-1,974 dan t >1,974
maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Learning Cycle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 167
Keywords: Problem Based Learning ; Learning Cycle;Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 07:49
Last Modified: 20 Oct 2016 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item
View Item