Irfani, Widya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RIIL DAN MEDIA VIRTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4123331057 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4123331057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3 NIM 4123331057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM 4123331057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5 NIM 4123331057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6 NIM 4123331057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7 NIM 4123331057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 4123331057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9 NIM 4123331057 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
13 NIM 4123331057 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14 NIM 4123331057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penerapan model dan media pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar kimia siswa ditinjau dari kecerdasan emosional yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media riil dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media virtual pada pokok bahasan Koloid yang dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Binjai T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Binjai yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel ditetapkan dengan purposife sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2.Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel (0,875). Sedangkan, data untuk kecerdasan emosional siswa diperoleh melalui angket dan observasi dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Teknik analisa data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar kimia siswa antara penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan menggunkan media riil dan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media virtual dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 4,781 > 3,28 dan terdapat pengaruh hasil belajar siswa kimia antara kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,997 > 3,28, namun tidak terdapat interaksi anatara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kimia siswa dengan nilai Fhitung < Ftabel yaitu 0,024 < 3,28.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 154 |
Keywords: | Media Riil; Media Virtual; Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 07:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20722 |